Posts

Membuat Disinfektan Rumahan (mandiri)

Image
Daftar 18 produk disinfektan rumah tangga st🚫p C📛ViD 19 Bismillah... Smoga kita terhindar dari Covid 19. Aamiin... Berikut ini daftar sementara produk disinfektan rumah tangga atau produk pembersih untuk disinfeksi virus corona yang telah disurvei secara terbatas serta cara pengencerannya: rmco.id 1. Aquatabs Multipurpose dengan bahan aktif sodium dichloroisocyanurate. 2. Bayclin Lemon dengan bahan aktif sodium hypochlorite 5,25 persen. Tindakan tambahan: korosif terhadap logam, bersihkan kembali dengan kain basah setelah 10 menit dan encerkan 20 ml per 1 liter air. 3. Bayclin Regular dengan bahan aktif sodium hypochlorite 5,25 persen. Tindakan tambahan: korosif terhadap logam, bersihkan kembali dengan kain basah setelah 10 menit dan encerkan 20 ml per 1 liter air. 4. Bebek Kamar Mandi dengan bahan aktif benzalkonium klorida (0,1 persen) 5. Bratacare Disinfectane Concentrate dengan bahan aktif quarternary ammonium compound (45g/L

Daerah Tempat Tinggalku (Kelas 4 Tema 8.1)

Image
Lingkungan Tempat Tinggalku Tempat tinggal adalah tempat manusia menetap untuk berteduh dari keadaan alam, serta tempat melaksanakan hak dan kewajibannya dalam menjalani hidup. Tempat tinggal manusia biasanya berwujud rumah. Tempat tinggal merupakan kebutuhan utama bagi manusia. Setiap manusia tentu menginginkan lingkungan tempat tinggal yang nyaman untuk kehidupannya. Amatilah gambar di atas. Gambar tersebut menunjukkan bagian dari lingkungan tempat tinggal. Lingkungan yang ditunjukkan berupa beberapa rumah yang di sekitarnya masih banyak pohon. Pada gambar juga terlihat hamparan sawah dengan para petani yang sedang bekerja. Terlihat juga binatang berupa ayam dan sapi. Lingkungan tempat tinggal pada gambar lebih tepat dinamakan perdesaan. Di mana tempat tinggalmu? Bagaimana lingkungan tempat tinggalmu? Nyamankah kamu tinggal di lingkunganmu? Ayo Berlatih Ceritakan tentang lingkungan tempat tinggalmu. Nyamankah kamu dengan lingkungan tempat tinggalmu? Apa alasa

Bilangan Bulat (Kelas 4 Semester 2)

Image
Bilangan Bulat adalah Bilangan yang terdiri dari bilangan negatif, bilangan nol, dan bilangan positif. Wujud Bilangan Bulat : ... , -5 , -4 , -3 . -2 , -1 , 0, 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , ... Di dalam kehidupan sehari-hari masih banyak hal-hal yang berkaitan dengan bilangan bulat. Misalnya, tinggi suatu tempat 2.500 m di atas permukaan air laut. Semua tempat di bumi, ketinggiannya diukur dari permukaan laut. Jadi: Permukaan laut tingginya 0 m. Tempat di atas permukaan air laut bernilai positif (+) . Tempat di bawah permukaan air laut bernilai negatif (–) . Membaca Lambang Bilangan Bulat Untuk membaca lambang bilangan bulat, tanda negatif (–) ikut dibaca. Sedangkan tanda positif (+) boleh dibaca, boleh juga tidak. –2 dibaca “negatif dua” –8 dibaca “negatif delapan” 5 dibaca “lima” 8 dibaca “delapan” (artinya positif delapan) Tanda positif (+) tidak perlu ditulis. Menulis Lambang Bilangan Bulat Dalam menulis lambang bilangan bulat, tanda positif (+)

TEMATIK Tema 6 Sub. Tema 1 dan 2

Image
Contoh soal TEMATIK Tema 6 (Sub. Tema 1 dan 2) 1. Suku Kubu berasal dari....    A.  Sumatera Selatan    B.  Bengkulu    C.  Riau    D.  Papua Jawaban: [Buka] Jawaban: [Tutup] A. Sumatera Selatan 2. Manfaat Keragaman adalah ....    A.  Menumbuhkan sikap toleransi    B.  Menumbuhkan sikap percaya diri    C.  Kerjasama    D.  Gotong-royong Jawaban: [Buka] Jawaban: [Tutup] A. Menumbuhkan sikap toleransi 3. Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan beragamnya ... yang ada di Indonesia.    A.  Ras atau Suku    B.  Agama    C.  Kepercayaan    D.  Sifat Jawaban: [Buka] Jawaban: [Tutup] A. Ras atau Suku 4. Ras atau suku merupakan keberagaman yang dapat di temukan di ....    A.  Tempat ibadah    B.  Rumah    C.  Lingkungan sosial    D.  Masjid Jawaban: [Buka] Jawaban: [Tutup] C. Lingkungan sosial 5. Bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi disebut ....    A.  Rima    B.  Sajak    C.  Bait    D.  Baris Jawaban

GEGURITAN (Puisi Jawa)

Image
Geguritan kalebu golonganing sastra edi (puisi) cengkok anyar. Isine geguritan awujud wedharing rasa edi, kelair kanthi basa kang laras-runtut karo edining rasa. Geguritan  ora kaiket ing pathokan utawa paugeran guru wilangan lan guru lagu utawa dhong-dhing. Nulis geguritan kuwi kudu bisa ngrakit basa kang edi lan endah. Ing ngisor iki ana saperangan tuladha carane ngrakit basa lumrah dadi basa kang endah. Basa Lumrah Wiwit isih bocah cilik, aku tansah ngalami ora kepenak, kerep nemu cilaka. Kekarepan kang ora becik, manawa diuja bisa njalari rusaking uripe. Kandhamu kang mangkonoiku rak bisa marakake elinge marang panggawe kang kurang prayoga,. Yen uripmu niru cara kulonan, mesthi bakal nandang ora kepenak, prayoga nganggoa carane bangsamu dhewe supaya bisa tentrem uripmu. Guru punika kedah gadhah manah sabarageng pangapuntenipun. Tiyang estri ingkang jembar wawasanipun, adatipun saged nyukani wewarah. Basa Endah Cilik mula, uripku tansah katula-tula katali.

FLS2N Jateng 2019 Musik Tradisional SMP Negeri 1 Gabus

Image
Musik Tradisional SMP Negeri 1 Gabus Kabupaten Pati maju mewakili Kabupaten Pati dalam FLS2N Provinsi Jawa Tengah 2019.

Buku Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013

Image
Pelaksanaan Kurikulum 2013 mengalami beberapa kali pengembangan dan perbaikan. Perubahan ini tentunya berimbas pada buku pegangan guru dan siswa yang digunakan. Setelah dicetak pertama kali pada 2013, Buku Guru maupun Buku Siswa K13 ini mengalami beberapa kali revisi. Revisi pertama pada tahun 2014, dilanjutkan revisi tahun 2016, dan terakhir adalah edisi revisi 2017. Peserta Didik kelas 4 SD/MI yang proses pembelajarannya menggunakan kurikulum 2013 bisa download melalui link berikut: Tema 1 : https://drive.google.com/file/d/173XRfi5msrYo113_CSvdoOwvDcmWdiJs/view?usp=drivesdk Tema 2 : https://drive.google.com/file/d/1BwWZM12JRXt7cwK3cCX9CiseAsBx2GJX/view?usp=drivesdk Tema 3 : https://drive.google.com/file/d/1l0X8UF9PfWujCbG9jDvmddyC6Nc6_9Fz/view?usp=drivesdk Tema 4 :  https://drive.google.com/file/d/1dFlQ2h8ZEb7siKauvC-sC906pJrhoMvi/view?usp=drivesdk Tema 5 :  https://drive.google.com/file/d/197g6jSGpZbpoJt98wkigRatwreUv9x7i/view?usp=drivesdk

Aplikasi Analisis Ulangan Harian pg20es5

Image
Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan dalam bentuk ulangan, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan. Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk: mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi Peserta Didik; memperbaiki proses pembelajaran; dan menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester, akhir tahun. dan/atau kenaikan kelas. Mekanisme penilaian hasil belajar oleh pendidik: perancangan strategi penilaian oleh pendidik dilakukan pada saat penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus; penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik penilaian lain yang relevan, dan pelaporannya menjadi tanggungjawab wali kelas atau guru kelas; penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai; penilaian keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan/atau teknik lai

Aplikasi Supervisi Akademik Dan Manajerial

Image
Salah satu tugas Pengawas Sekolah adalah melaksanakan Supervisi Akademik Dan Manajerial di Sekolah Binaan. Supervisi dilaksanakan oleh Pengawas Binaan kepada Guru Mata Pelajaran, beberapa Guru lainnya, dan Kepala Sekolah. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada saat Supervisi berlangsung di sekolah-sekolah binaan, yaitu: 1. Supervisi Administrasi Guru, meliputi Program Tahunan Program Semester Silabus RPP Kalender Pendidikan Jadwal Tatap Muka Agenda Harian Daftar Nilai KKM Absensi Siswa 2. Supervisi Penyusunan RPP, meliputi Tujuan Pembelajaran a. Sesuai Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar b. Merujuk pada Indikator c. Ranah Tujuan pembelajaran sesuai d. Sesuai dengan Kurikulum Bahan Belajar Bahan belajar mengacu / sesuai dengan tujuan Bahan belajar disusun secara sistematis Menggunakan bahan belajar sesuai dengan kurikulum Memberi pengayaan Strategi / Metode Pembe

Aplikasi PKG v.2019

Image
Penilaian Kinerja Guru (PKG) dilaksanakan oleh Tim Penilai kepada para Guru Mata Pelajaran atau Guru Kelas. Tujuan dilaksanakannya PKG adalah untuk mengukur kinerja seorang guru sebagai salah satu syarat pengajuan kenaikan tingkat/jabatan. Guru yang tidak dapat memenuhi kinerja yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat dan jabatan, padahal yang bersangkutan telah diikutsertakan dalam pembinaan pengembangan keprofesian, beban kerjanya dikurangi sehingga kurang dari 24 (dua puluh empat) jam tatap muka atau dianggap melaksanakan beban kerja kurang dari 24 (dua puluh empat) jam tatap muka. Guru yang mempunyai kinerja rendah wajib mengikuti pembinaan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Guru sebagaimana dimaksud pada ayat (2), apabila telah dapat menunjukkan kinerja baik, diberi beban kerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sahabat Guru yang berbahagia, pada artikel ini www.mazt370.top mencoba untuk membuat Aplikasi PKG versi 2019 . Aplikasi yang Admin buat berb

Subscribe Us