Template Naskah Soal Dua Kolom

Pekerjaan pembuatan naskah soal bagi guru bukanlah hal yang sulit. Pembuatan naskah-naskah soal untuk Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Sekolah (US) sudah merupakan rutinitas pekerjaan guru. Guru harus mampu menyusun kisi-kisi untuk diketik menjadi naskah soal.
 
Pembuatan master (file template = istilah di Microsoft Word) naskah soal akan sedikit meringankan guru dalam pekerjaan pengetikan naskah soal. Master atau template word naskah soal tidak akan berubah karena harus disimpan dengan nama lain atau save as.

Bagaimana cara membuat Master (Template) Naskah Soal?


Postingan kali ini Winki 82 akan berbagi pengalaman dalam pembuatan file master (template) naskah soal dua kolom menggunakan aplikasi office microsoft word. Berikut akan kami bahas cara mudah dan langkah-langkah membuat file master (template word) naskah soal dua kolom.

Langkah Pertama:
Buka atau aktifkan aplikasi office microsoft word.

Langkah Kedua:
Lakukan pengaturan kertas dan batas-batasnya dengan cara klik Page Layout pada menu bar kemudian klik Page Setup. Pada kotak dialog page setup tentukan atau isi margin top, left, bottom, dan right dengan ukuran (angka) 1,5 cm. Klik tab Paper, pilih kertas folio dengan customsize Width: 21,5 cm dan Height: 33 cm. Klik tab Layout, tentukan atau isi Header dan Footer dengan ukuran 1 cm, kemudian klik OK.


Langkah Ketiga:
Klik Tab Page Layout (Layout = Office 2016), klik Columns. Pada kotak dialog Columns klik atau pilih Two, kotak Spacing isi 1 cm, klik OK.


Langkah Keempat:
Ketik Kop Soal dan Petunjuk Umum, kemudian diblok/select, klik Tab Page Layout, klik Column, pilih One. Selanjutnya mulai ketik soal-soal beserta options jawabannya dimulai dari kolom sebelah kiri di bawah petunjuk umum. Lebih jelasnya bisa download contoh file template naskah soal dua kolom di bawah ini.

https://drive.google.com/uc?authuser=0&id=1k6lIS2fe9f6A3oUeWJWUFLoQvV__zIkB&export=download
Download
Template Naskah Soal Dua kolom

Comments

Subscribe Us