Uban akan jadi Cahaya di Hari Kiamat


Ternyata...!!!
Uban akan jadi Cahaya di Hari Kiamat

Orang yang sudah bertambah usianya pasti akan mengalami masa dimana rambut berubah warna menjadi putih. Rambut putih ini disebut dengan uban. Sayangnya, uban seperti hal yang dihindari banyak orang karena dengan munculnya uban akan memberikan kesan tua bagi si pemilik uban.
Karena hal itu pula, orang-orang menggunakan berbagai produk kecantikan agar dirinya terlihat lebih muda. Mereka juga tak ragu untuk mewarnai rambut agar uban tak terlihat. Padahal di dalam Islam, uban bukanlah hal yang sepele. Bahkan, uban adalah hal yang istimewa.

Meski tidak dikehendaki tumbuh, uban dapat menjadi cahaya di hari kiamat. Uban yang tumbuh di kepala orang-orang yang senantiasa memikirkan, berjuang, dan hidup untuk kaum Muslimin. Uban yang menjadi cahaya di hari kiamat juga adalah uban yang tumbuh karena ketakutannya kepada Allah Ta'ala dan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Uban yang menjadi cahaya di hari kiamat juga adalah uban yang dapat menjauhkan pemiliknya dari perbuatan dosa.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Janganlah kalian mencabut uban, sesungguhnya uban merupakan cahaya pada hari kiamat. Barang siapa yang tumbuh ubannya dalam keislaman, niscaya dicatatkan satu kebaikan untuknya, dihapuskan satu kesalahan darinya, dan dinaikkan derajatnya dengan uban itu." (HR. Imam Ahmad bin Hanbal, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban Rahimahumullah)

Jadi, janganlah malu dengan uban, jangan cabuti uban. Semua orang yang menginjak usia tua pasti akan beruban. Banggalah dengan uban karena uban akan menjadi cahaya di hari kiamat kelak.

Comments

Subscribe Us