Tidur nyenyak, resep mudah hindarkan diri dari diabetes

Tidur tak nyenyak, durasi tidur yang kurang, serta pola tidur yang tak teratur telah dikaitkan dengan berbagai penyakit. Melengkapi daftar tersebut, studi terbaru yang diterbitkan dalam Diabetologia menunjukkan keterkaitan antara tidur malam dengan risiko diabetes tipe 2.

Para peneliti menganalisis sejarah medis dari 100.000 perawat wanita selama 10 tahun. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengaku sering mengalami kesulitan tidur lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2 hingga 45% dibandingkan dengan wanita yang tidak mengeluhkan gangguan tidur.

Bagi wanita yang mengalami sleep apnea, tidur kurang dari enam jam, dan sering mengalami kesulitan tidur bahkan mengalami peningkatan risiko hingga empat kali lipat. Meskipun tidur juga telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi atau berat badan, faktanya faktor tersebut hanya menjelaskan sebagian hubungan antara kesulitan tidur dengan diabetes.

Seperti yang dilansir melalui medicaldaily, para peneliti menegaskan bahwa penelitian mereka tersebut menyoroti pentingnya memahami keterkaitan antara kualitas tidur dengan diabetes tipe 

Comments

Subscribe Us