Posts

Buku Kurikulum 2013 Mapel Ilmu Pengetahuan Amal (IPA)

Image
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran. Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya bagi siswa SMP/MTs. Materi- materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, dan Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya. Buku IPA ini disusun dengan pemikiran diatas. Bidang ilmu Biologi dipakai

Buku Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Inggris

Image
Bahasa Inggris adalah bahasa utama dalam komunikasi antarbangsa dan pergaulan dunia. Makin datarnya dunia dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan pergaulan tidak dapat lagi dibatasi oleh batas-batas negara. Kurikulum 2013 menyadari peran penting bahasa Inggris tersebut. Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran abad ke-21. Di dalamnya terdapat pergeseran pembelajaran dari siswa diberitahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas guru dan satuan pendidikan. Peran bahasa Inggris dalam model pembelajaran seperti itu menjadi sangat sentral mengingat lebih banyak sumber belajar yang menggunakan bahasa Inggris dibandingkan bahasa lainnya. Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas VII ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para siswa. Penyajiannya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis dengan menempatkan bahasa Inggris sebaga

Modul Dasar TIK GP Moda Daring

Image
Teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi kebutuhan penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 Nomor 15 menyebutkan bahwa pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain. Sementara Pasal 35 ayat 1 menyebutkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran. Literasi ICT atau TIK merupakan bagian penting yang harus ada dalam kurikulum abad ke-21 , selain kecakapan berpikir dan belajar (Thinking and Learning Skills). Literasi ICT diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan ICT dalam menuntaskan kecakapan berpikir dan belajar. Peserta didik abad ke-21 merupakan digital native di mana teknologi sudah menjadi bagian hidup mereka. Oleh karena itu, literasi ICT atau TIK merupakan bagian pen

Guru Pembelajar Moda Daring

Image
“ Terbentuknya Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter dengan Berlandaskan Gotong Royong ” adalah Visi Kemdikbud 2019 . Untuk mencapai visi tersebut, misi Kemdikbud 2015-2019 dikemas dalam Misi: Mewujudkan Pelaku Pendidikan dan Kebudayaan yang Kuat (M1) ; Mewujudkan Akses yang Meluas, Merata, dan Berkeadilan (M2) ; Mewujudkan  Pembelajaran yang Bermutu (M3) ; Mewujudkan Pelestarian Kebudayaan dan Pengembangan Bahasa (M4) ; dan Mewujudkan Penguatan Tata Kelola serta Peningkatan Efektivitas Birokrasi dan Pelibatan Publik (M5) . Guru memiliki tugas, fungsi, dan peran yang penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Supaya dapat melaksanakan tugas, fungsi, dan peran tersebut guru perlu meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan. Sebagai langkah mengaktualisasikan guru professional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program kegiatan Guru Pembelajar (GP) . Program GP merupakan kegiatan yang penting bagi pengembangan diri guru. Karena ju

Blanko IJAZAH & SHUN Tahun 2016

Image
Ijazah adalah dokumen resmi yang diterbitkan sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus  ujian.  Ijazah memuat identitas peserta didik dan satuan pendidikan, pernyataan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah memenuhi seluruh kriteria dan dinyatakan lulus dari satuan pendidikan, dan daftar nilai mata pelajaran yang ditempuhnya. Sertifikat Hasil Ujian Nasional yang selanjutnya disebut SHUN adalah surat keterangan yang berisi Nilai UN serta tingkatan capaian Standar Kompetensi Lulusan yang dinyatakan dalam kategori. SHUN merupakan dokumen resmi yang diterbitkan oleh satuan pencidikan terakreditasi sebagai pengakuan pencapaian kompetensi peserta didik setelah mengikuti Ujian Nasional. Bentuk, spesifikasi, pencetakan Ijazah dan SHUN SD, SMP, SMA/SMK Tahun Pelajaran 2015/2016 telah diatur berdasarkan Perka Balitbang Kemdikbud RI Nomor 4157/H/EP/2016 (Ijazah) dan Perka Balitbang Kemdikbud RI Nomor 4156/H/EP/2016 (SHUN). B

Petunjuk Penulisan Ijazah dan SHUN Tahun 2016

Image
P E TUNJUK UM U M I ja z a h u n t uk SD, SD L B, S MP, SMPLB, SMA, SMALB, d a n SMK h a n y a di t e rbi t k a n oleh s at u a n pendidik a n y a ng s ud a h t e r a kr e di t a s i oleh B a d a n Akr e di ta s i N a s ion a l S e kol a h/M a dr a s a h (B AN - S/ M ), se d a ng I j a za h u n t uk P a k e t A, P a k e t B, d a n P a k e t C oleh D i n a s P e ndidi k a n K a bu p a t e n/Ko t a . I ja z a h d a n h a s il uji a n/ da f t a r ni l a i uji a n dice ta k b o l a k - b a li k , I j a z a h di h a l a m a n dep a n d a n h a s il uji a n/ d a ftar ni l a i uji a n di h a l a m a n belak a ng. I ja z a h SD, SD L B, S M P, SMPLB, SMA, SMALB, d a n SMK, dii s i o l e h p a nitia y a ng di b e ntuk K e p a la S e kol a h . I ja z a h P a k e t A, P a k e t B, d a n P a k e t C dii s i o l e h p a nitia y a ng di b e ntuk oleh K e p a la D i n a s P e ndidi k a n K a bu pat e n/Ko t a . Pengi s i a n I ja z

Subscribe Us